Sunday, January 8, 2012

Candle Light Study

Pernah denger istilah “Candle Light Dinner” kan?? Haahaa, sebagai remaja kita pasti sering banget denger kata-kata itu. Dimana-mana orang pasti mikir kalo yang namanya “Candle Light Dinner” itu romantis banget. Tapi kalo “Candle Light Study” ?? Pernah denger yang kaya gitu? Pastinya beda banget dari “Candle Light Dinner”. Hmm, dan gue udah pernah ngalamin yang namanya “Candle Light Study”. Kok bisa?? Beginilah ceritanya...

Selama seminggu kemarin, SMA tempat gue sekolah ngadain UTS (Ujian Tengah Semester). Di hari Jum’at (14 Oktober 2011) sore, di daerah sekitar rumah gue ada pemadaman listrik untuk sementara. Awalnya sih gue agak sebel, soalnya takut ngga bisa nonton ‘Secret Garden’. Tapi ternyata di jam 4 sore, listriknya udah nyala lagi. Alhamdulillah:sweaty:
Gue udah seneng banget tuh listriknya nyala lagi, tapiiii pas abis Magrib tiba-tiba.... listriknya mati lagi!! :galit:Dan listriknya mati di saat yang bener-bener nggak tepat! Gue lagi ngerjain soal fisika dan udah maghrib gitu belum mandi pula! Huuff,, hal pertama yang gue lakuin saat mati listrik itu adalah nyari hape yang ada senternya, hapenya dimasukin ke gelas bening, trus gue ngambil handuk dan buru-buru mandi. Ckck..

Habis mandi, gue baru inget kalo besok bener-bener ada ulangan fisika dan gue BELUM BELAJAR SAMA SEKALI!!! #jengjeng....
:ayokona:Karena takut besoknya nggak bisa ngerjain soal fisikanya, akhirnya dengan penuh semangat & penuh perjuangan gue rela-relain belajar dengan lilin disana sini. Sebenernya belajar dengan cahaya lilin kaya gitu kan nggak baik buat kesehatan mata, apalagi dengan mata gue yang udah minus gini tambah parah aja deh -.-“, tapi demi ULANGAN FISIKA gue bela-belain deh! SEMANGAT !!
:astig:Pas gue lagi belajar, ibu sama tetangga gue lagi pada ngobrol di depan teras rumah gue, trus Tito (tetangga + temen satu sekolah gue dari SMP sampe SMA) ini lewat dan ibu gue ma ibunya nyuruh dia belajar bareng di rumah gue. Gue sih di dalem pura-pura nggak tau aja, eh pas gue keluar sebentar, ternyata tu orang dateng beneran mau belajar bareng di rumah gue! Lagi mati lampu kaya gitu, gue sama dia belajar di rumah gue dengan cahaya lilin-lilin yang nggak seterang lampu bohlam atau neon biasa. Dan gue nyebut ini dengan “Candle Light Study”. Mau tau kenapa? Yap bener banget, karena gue belajar sama Tito cuma dengan cahaya lilin.

Kita berdua belajar cuma ngerjain soal-soal UTS tahun kemarin, kita ngerjain soalnya masing-masing. Kalo ada yang nggak gue ngerti atau ada soal yang nggak dia ngerti, baru kita mulai diskusi. Malem itu sih kita nggak bener-bener ngerjain soal tapi cuma nyatet rumus dan cara ngerjainnya, soalnya tetangga gue itu sepertinya udah nggak nyaman dengan banyaknya nyamuk dan pastinya udara yang lumayan panas (secara tu anak nggak bisa lepas dari kipas angin coba!).

Akhirnya sekitar jam sembilan atau setengah sembilan, kita selesai belajar. Abis itu gue langsung beresin buku dan siap-siap untuk tidur. Sebelum tidur gue sempetin buat ngatur alarm biar gue bisa bangun jam 3 pagi.

Setelah alarm bunyi, akhirnya dengan setengah sadar gue langsung ke kamar mandi dan cuci muka. Dengan tekad kuat dan karena takut nilai ulangan fisikanya jelek, gue fokus untuk belajar dari jam 3 pagi itu sampe jam 5 pagi. Jujur, baru kali itu gue bangun jam 3 pagi dan nggak tidur sama sekali sampe matahari terbit.

Sampe di sekolah, gue bener-bener ngantuk. Tapi pas dibagiin soal ulangan fisikanya, gue bener-bener fokus untuk ngerjain soal itu. Gue berpikir gue nggak boleh sia-siain usaha yang udah gue lakuin selama semalem itu. Pas ngerjain soal, gue bener-bener nggak nanya sama siapa pun dan percaya dengan kemampuan gue sendiri. Akhirnya, gue bisa ngerjain soal-soal itu dengan lancar.

Di minggu berikutnya, nilai murni UTS fisikanya udah keluar. Dan betapa terkejutnya gue saat tau kalo nilai UTS fisika gue dapet 96 (dan itu nilai tertinggi di kelas gue)!! Itu artinya gue cuma salah ngerjain 1 soal dari 30 soal yang ada. Hmm, gue seneeeeeeng banget ^^ Ternyata perjuangan gue yang belajar cuma ditemenin cahaya lilin dan belajar dari jam 3 sampe jam 5 pagi itu nggak sia-sia. Alhamdulillah, makasih ya Allah pika21
Banyak hal yang gue pelajarin dari pengalaman gue ini,

Yang pertama, Jangan gunain SKS (Sistem Kebut Semalam) waktu belajar. SKS itu nggak banget!! Bayangin aja kalo lo nggak punya tekad dan kemampuan buat belajar selama semaleman, lo nggak akan bisa ngerjain ulangan itu keesokan harinya. Trus, lo pasti bakal bingung banget (kayak gue) waktu listrik mati dan besoknya ada ulangan yang Dewaaaaaa banget karena nggak punya persiapan belajar sebelumnya. Coba aja kalo tiap malem materi itu dipelajari lagi, pasti malemnya pas mau ulangan nggak akan terlalu repot belajar, ya kan?!

Yang kedua, kita itu Harus punya tekad yang kuat buat belajar sesuatu yang belum terlalu kita kuasai. Coba aja setelah “Candle Light Study” itu gue nggak belajar lagi, pasti besoknya gue nggak akan bisa ngerjain soal itu sama sekali.

Dan yang paling penting, Percayalah dengan kemampuan diri sendiri! Sesedikit atau sebanyak apapun kemampuan kita, kita harus yakin dengan itu. Kita nggak akan bisa kalo kita nggak mau berusaha.

Jangan pernah bangga dengan nilai yang diperoleh dari hasil nyontek ke temen, karena itu bukan usaha kita sendiri. Kalo kita bisa dapetin nilai yang bagus dengan kemampuan diri sendiri, kenapa enggak? Itu baru bisa bikin rasa seneng dan bangga yang sebenarnya! Gue punya banyak pengalaman kaya gitu kok, gue bisa dapet nilai yang cukup bagus dengan hasil sendiri dan itu sangat membanggakan (bagi diri gue sendiri).

Yang penting itu adalah KEJUJURAN !
pika26pika26pika26pika26pika26pika26

No comments:

Back
to top