Saturday, May 12, 2012

Catatan Akhir Sekolah part III

Akhirnya di tanggal 18 Juli 2011, masa-masa kelas XII pun dimulai. Awalnya gue deg-deg an banget bakal sekelas sama siapa. Apa temen-temen sekelas gue nanti baik-baik dan asik-asik kaya di KESEPIAN dan SOL SEPATU dulu?? Apa  gue bisa sekelas lagi sama Anggi?
Pengumuman pembagian kelas ditempel di kelas masing-masing. Untung aja nggak kaya kelas XI yang harus desak-desakan buat ngeliat kita dapet kelas dimana! Dan untungnya lagi, waktu itu gue lagi nunggu di kelas XI ipa 1. Pas kertasnya ditempel di depan jendela ipa 1, gue langsung keluar dan ngeliat apa nama gue ada disitu atau nggak. Ternyata, nama gue ada! Seneng sih, karena pas gue liat nama temen-temen sekelas gue ternyata gue sekelas sama Anggi dan sebagian besar temen yg lain udah gue kenal walaupun cuma tau nama dan muka. Tapi ada sedihnya juga sih, karena kelas XII ipa 1 kelasnya di pojok lagi kayak waktu kelas XI ipa 1. Nggak ada suasana ruang kelas baru L
Awalnya anak-anak di XII ipa 1 itu diem-diem. Sebagian besar dari kita sih udah saling kenal, tapi nggak tau kenapa pas ada di kelas, malah pada diem-dieman. Mungkin kita masih belum bisa beradaptasi dengan suasana kelas yang baru dan masih belum terbiasa dengan temen sekelas yang baru. Saking sepinya kelas XII ipa 1, sampe anak-anak kelas lain yang masuk ipa 1 bilang kalo kelas ipa 1 itu kayak kuburan. Tapi ternyata itu cuma awal-awal doang, makin lama anak-anak di XII ipa 1 udah mulai berbaur dan mulai keliatan kebersamaannya.
XII ipa 1 punya nama kelas loh! Namanya DISCO DARURAT.
 
Mau tau apa kepanjangannya? Haha, pasti anak DISCO DARURAT udah tau kan? Yap, kepanjangan dari DISCO DARURAT adalah Duabelas Ipa Satu COmmunity DARi Ujung baRAT. Kenapa namanya “dari ujung barat”? karena kelas XII ipa1 itu ada di pojok sebelah baratnya SMA 4.
Disco darurat ini dihuni oleh 48 siswa (32 cewe dan 16 cowo) yang memiliki karakter yang berbeda dan lain daripada yang lain. Penghuni disco ini dibimbing oleh seorang wali kelas yang baik hati banget, kalem, lembut, perhatian dan peduli dengan anak-anak didiknya, beliau adalah Bu Jalilah. Ok, kita mulai yuk berkenalan dengan penghuni-penghuni disco yang extraordinary ini.
First ada kalas kita, Koko Sonson (Sona Ardhyan) yang punya nama lain Park Ji Son dan Sonsonice. Dia kalas yang bertanggung jawab dan berpengalaman banget (secara udah 3 tahun berturut-turut menjabat sebagai kalas), nggak salah deh kalo penghuni disco milih dia sebagai kalas. Dia juga pebisnis yang handal, dia tau aja peluang yang bagus untuk ngelakuin bisnis. Bisnis apaan? Yaa jualan makanan2 ringan (snack). Tau kan kalo XII ipa 1  itu jauh dari kantin? Nah, karena ada Koko Sonson kita nggak perlu susah-susah ke kantin buat beli snack. Kalo lagi laper pas pelajaran, bisa juga tuh beli cemilan di Sona trus makannya agak ngumpet2 kalo guru lagi ngajar, lumayan loh buat ngeganjel perut (daripada perutnya diganjel pake batu, hayo?!).
Disamping Sona duduklah Sang Pangeran (Taufik). Kenapa dipanggil Pangeran?? Itu pertanyaan yang bagus, tapi panjang penjelasannya. Jadi lupain aja ya?? Hehe.. Pangeran yang ini sering dicengin sama penghuni disco, tapi sepertinya dia selalu sabar menghadapi semuanya *spiik.. Pangeran yang ini juga suka ceroboh, dia sering banget kehilangan buku, dan barang-barang lain kepunyaannya.
Next, ada wakalas disco yang bernama Ryanka. Dia asistennya Koko Sonson di kelas. Kalo Koko Sonson nggak masuk, dia yang ambil alih kepemimpinan kelas. Dia pinter bahasa inggris, fisika juga. Ryanka ini orangnya baik, dia sering jadi temen diskusi gue untuk ngomongin/nanya pelajaran.
Ryanka duduk sama Rizky, salah satu kiper tim futsal/sepakbola SMA 4. Rizky ini kadang dipanggil Bang Ipul karena sekilas mukanya mirip sama penyanyi dangdut Saiful Jamil. Dia juga mirip sama Febri Yoga, salah satu finalis Indonesian Idol 2012, kadang dia juga sekilas mirip sama Randy Pangalila (cuma sekilas ya..beneran sekilas). Tapi, kalo denger Rizky lagi baca Al-Qur’an, Subhanallah....bagus banget *nggak salah kalo dia sering jadi qori pas acara2 sekolah.
Lanjut nih, berikutnya ada Adit (Aditya). Dia ini pemenang angket terganteng di disco, dia juga masuk nominasi Terganteng untuk angket Buku Tahunan. Adit orangnya baik, kadang usil, kadang ngeselin dan kalo bercanda kadang jayus. (kok banyak kadangnya ya ??)
Adit duduk semeja sama Toni (Rahmat Fathoni), cowo yang satu ini sering ngajakin anak2 cowo disco untuk main futsal. Toni orangnya cuek, pinter, tapi juga baik.
Next, ada orang-orang/pasangan yang 3 tahun sekelas dan 2 tahun duduk semeja (nggak bosen apa ya??). Pasangan pertama adalah Farida dan Ajeng. Farida dan Ajeng adalah 2 orang dengan kepribadian yang berbeda, sangat berbeda. Farida itu nggak betah di sekolah. Kalo lo mau nyari dia di kelas sepulang sekolah, pasti nggak ada! Bel belum bunyi aja, dia udah siap-siap buat pulang dan pas bel bunyi, dia udah lenyap/hilang dari kelas bagai ditelan bumi *sepertinya kata yg digaris bawah itu agak lebay ya?? Ajeng agak beda, dia lumayan betah di sekolah, ngapain aja?? Kalo nggak belajar bareng, ngomongin tugas kelompok, rapat fosma, liqo atau sekedar nunggu buat les. Ajeng itu kreatif orangnya. Dia jagonya bikin gambar di paint. Kata orang sih dia sedikit aneh *sedikit loh ya?? Cuma sedikit kok.., dia sering mau ngomong, tapi akhirnya malah bilang “nggak jadi deh”, katanya sih takut salah ngomong. Tapi menurut gue itu artinya dia peduli sama perasaan orang lain, mungkin dia nggak mau nyinggung perasaan orang lain. Oiya, kalo ngeliat ekspresi mukanya Ajeng waktu nyanyi atau baca puisi, bikin orang ketawa. Karena ekspresinya itu dia dibilang muka acting sama Tito. Tapi gue salut sama Ajeng, dia orangnya optimis dan punya semangat yang tinggi. Kalo ada soal yang nggak dia ngerti, dia akan berusaha minta diajarin sama orang lain dan kalo dia udah ngerti, dia juga berusaha untuk ngajarin itu ke temennya yang masih belum ngerti. Kalo Farida, dia itu asik diajak ngobrol soal drama korea yang ada di TV. Kalo dia udah suka sama satu drama korea, dia langsung beli kaset DVDnya dan nonton itu sampe tamat. Dan biasanya gue nanya2 kelanjutan ceritanya sama dia kalo drama korea di TV itu belum selesai.
Pasangan yang kedua adalah gue dan Anggi.
Gue (Nungky), Gue itu orangnya gimana ya?? Hmm, gue itu kadang pelupa, kadang egois dan pelit, ceroboh juga dan gue nggak terlalu suka difoto. Oiya, kata bapak, gue ini orangnya rajin tapi males (Hayo, apa maksudnya???). Kalo orang lain baru pertama kali ngeliat gue, pasti ngiranya gue itu jutek, padahal kalo udah kenal.. yaa beginilah gue apa adanya, hehe..
Anggi itu orangnya baik, kadang pelupa, kadang ceroboh, pinter, manis, dan makin kesini kayaknya tingkah lakunya mulai aneh (tapi keanehannya itu malah bikin lucu). Hapenya pernah nyemplung ke ember air di kamar mandi. Katanya sih waktu mau ngambil air di ember dia agak nunduk, hapenya ditaro di kantong baju dan pas dia ngambil air, nyemplung deh akhirnya. Anggi juga jago Biologi loh! Kalo ada soal biologi yang nggak ngerti, tanya aja sama dia. Pasti dijelasin panjang lebar sama Anggi.
Lanjut nih, ada Icha (Farisya). Cewe yang satu ini dari luar, dia keliatan tomboy, tapi sebenernya dia juga penakut. Waktu di Pangandaran kan kita masuk ke hutan, baru masuk aja dia udah parno dengan suara-suara binatang di hutan. Dia orangnya galak, tapi juga baik. Farisya duduk sama Elta (Eltanin). Elta ini atlit bulutangkis disco, dia orangnya baik dan kadang dipanggil Eltarini karena ada fotonya yang mirip sama Syahrini. Tapi Elta marah setiap kita manggil dia Eltarini.
Selain Elta, disco juga punya atlit bulutangkis putra, dialah Tito. Tetangga gue yang satu ini jago nyanyi dan main gitar. Dia pernah jadi finalis 5 besar di Embassy Idol. Tito ini kadang ngeselin, jayus, muka acting, tapi juga baik. Dia juga punya semangat yang tinggi buat belajar dan lumayan rajin (rajin tidur juga, hehe..)
Berikutnya ada chairmate-nya Tito, namanya Etik (Beatrix). Cewe manis ini orangnya baik dan lucu. Apalagi kalo denger suaranya pas lagi bersin, bikin orang ketawa. Tapi suara bersinnya itu malah jadi ciri khasnya yang ngebedain dia sama orang lain.
Selanjutnya ada Ahdi, dia termasuk cowo alim di kelas. Ahdi orangnya baik dan hobinya main game di kelas (kalo nggak ada guru, kalo ada guru juga pernah main). Hobinya ini sama kayak chairmate-nya Vincent/Dimas. Kayaknya mereka berdua maniak game. Oiya, si Vincent ini punya toa yang cukup gede. Dia ngomong dengan volume biasa aja satu kelas udah denger, apalagi kalo dia teriak-teriak coba?! Tapi dia orangnya asik diajak ngobrol dan bercanda. Dia juga suka iseng, udah tau kalo lantai kelas disco agak goyang, eh dia malah sengaja lompat2 dan bikin lantai di kelas jadi kayak gempa bumi. Vincent orangnya baik, kalo anak2 sekelas lagi pada nonton film di kelas, dia bersedia untuk jadi satpam yang ngawasin ada guru yang dateng atau enggak. Vincent ini suka main karo (karo itu apaan? Kalo yang belum tau susah ngejelasinnya, ntar ceritanya makin panjang lagi) sama Naufal (Ardian Naufal).
Naufal itu orangnya agak misterius (menurut gue) dan agak aneh (kadang). Kadang dia suka merhatiin orang dan nanya hal-hal yang aneh. Gue suka ketawa (dlm hati) kalo denger dia ngobrol sama chairmate-nya (Umam). Tema obrolan mereka tuh beda dari orang lain. Lucu aja ngedengernya. Cowo yang satu ini jarang dengerin guru yang lagi ngejelasin pelajaran, gue malah nggak pernah liat dia nulis catetan pelajaran di buku. Mungkin passion-nya bukan di pelajaran. Naufal suka olahraga dan dia jagonya IT di disco. Waktu ada tugas bikin karya di photoshop, dia yang ngajarin penghuni2 disco teknik-teknik dasar di photoshop. Logo disco di baju untuk sablon juga dia yang buat. Keren kan?!
Next, ada Umam, mantan ketos SMA 4. Dari mukanya sih keliatan agak sangar, tapi kalo udah kenal dia nggak kaya gitu kok. Jadi inget, dulu waktu disuruh pidato, isi pidatonya itu kayak nyindir anak-anak lain yang udah ngejek dia. Tapi pidatonya itu bagus (menurut gue).
Selain Vincent, disco juga punya toa yang cukup gede juga, yaitu Aul (Aulia). Dia itu kadang suka heboh sendiri, dan kalo lagi kaya gitu ngomongnya udah kayak kereta lewat, nggak ada titik komanya. Ibu gue aja suka kaget kalo dia lagi ngomong. Katanya nih, kalo Aul mimpiin sesuatu yang nyata, mimpi itu bakal bener-bener terjadi di kemudian hari.
Yang satu ini chairmate-nya Aul, dialah Delima. Delima orangnya baik, dia ini kebalikan dari Aul, kalo ngomong volume suaranya tuh kecil tapi kalo udah teriak/marah2 suaranya bisa ngalahin suara teriakan gue. Dia juga kadang suka ribet sendiri. Kalo lo jalan ke kantin sama dia, di tengah jalan pas mau balik ke kelas dia pasti ilang. Dan pas lo balik buat nyari dia, ternyata dia lagi ngobrol sama orang lain. Hmmm.. Delima juga suka iseng, dia pernah ngumpetin kunci motornya Ajeng dan dia lupa ngembaliin dan ngasih tau itu ke Ajeng. Akhirnya dia sendiri deh yang ribet, ckckck..
Lanjut..
Ada Annisa, salah satu cewe pendiem di kelas *kecuali kalo sama temen2 deketnya (Rafika, Aul, Delima, Anggi). Dia digosipin sama Toni, sampe ada orang iseng yang ngedit foto Annisa dengan muka Toni dan dikasih nama Rahmat Fathunnisa, hehe..
Berikutnya ada Rafika, anak-anak disco suka manggil dia Jupe, katanya sih karena dia mirip Jupe. Fika ini orangnya baik, iseng, suka bercanda tapi juga gampang nangis. Kadang dia suka ngerjain orang di kamar mandi. Gimana caranya?? Biasanya dia naro tong sampah, pel-pel-an dan sapu yang diberdiriin di depan pintu kamar mandi. Pas pintunya dibuka sama orang yang ada di dlm kamar mandi, semua barang itu jatuh nimpa orang yg di dlm kamar mandi itu. Ckkck...iseng kan??
Selanjutnya ada Tiara/Ciala (Mutiara). Dia ini putri sekolah. Awalnya dia agak ragu buat ikut pemilihan putra putri sekolah. Tapi gue dorong dan semangatin dia. Akhirnya dia mau ikut dan berhasil jadi juara 1. Tiara orangnya baik, lucu, kadang centil-centil gimana gitu dan dia juga salah satu penghuni disco yang punya muka acting.
Next, ada chairmate-nya Tiara yaitu Pety (Patrichia). Pety orangnya baik, dia rela minjemin hapenya untuk dipenjem orang lain yang mau nonton bola atau drama korea di TV yang ada di hapenya. Dan menurut gue dia cukup sabar karena setahun duduk semeja sama Tiara padahal badannya suka dicubitin sama Tiara.
Masih mau lanjut??
Beneran mau??
Ok,, kita mulai lagi.
Sekarang ada Vivi dan Tevy
Vivi, cewe yang katanya pengen jadi dokter ini sebenernya takut darah loh! Dia ini kadang jayus, ceroboh, tapi baik hati. Dia sering jadi bahan cengannya Tevy, Dina, Yolan, dkk.
Tevy, bukan tivi, tipi, atau tepi loh, tapi TEVY. Cewe yang satu ini orangnya baik, rajin nyatet jadi suka gue pinjem buku catetannya. Dia juga lucu orangnya, kadang dia suka geli sendiri kalo lagi ketawa.
Next, ada temen narsisnya Tevy, yaitu Yolanda dan Dina.
Yolan (Yolanda), cewe manis berambut panjang ini termasuk salah satu cewe kalem di kelas (menurut gue sih gitu). Yolan ini chairmate-nya Dina. Dina itu mantan vokalis marawis SMA 4, dia orangnya baik loh. Cewe yang pengen jadi sensei bahasa jepang ini juga suka sama soundtrack dan lagu2 korea. Vivi, Tevy dan Dina punya panggilan unik buat Yolanda yaitu “Yool”, uniknya karena nada suara dan intonasi mereka waktu manggil “Yool”.
Berikutnya ada Dani, Desy dan Firda. Mereka selalu bertiga, mau solat bertiga, ke kantin juga selalu bertiga.
Dani, dia ini cewe kalem di kelas. Kalo dia ngomong suaranya lembut, tapi kalo udah teriak/marah, keluar deh aslinya.
Desy, dia juga termasuk cewe kalem di kelas (menurut gue). Dia orangnya baik, rajin nyatet juga. Karena nyatetnya cepet, gue suka minjem buku catetannya dia.
Kalo menurut angket disco tergantengnya itu Adit, tercantiknya itu Firda. Sekilas dia mirip Asmirandah (menurut gue). Firda orangnya baik, kalem, dan mudah terharu.
Selanjutnya ada Sesi, cewe manis yang punya akun twitter @sesimilikiti ini lumayan bawel. Dia juga baik dan suka bercanda. Tapi kalo Sesi lagi jutek dan marah, uuu sereem..
Next, ada Ayu, Nadhia, Mitha, Rena, Intan, Novia, Esa dan Adimas.
Ayu, dia chairmate-nya Nadhia. Ayu aktif di Osis. Dia orangnya baik dan kadang suka jadi bahan cengannya Nadhia, dkk. Kalo lagi bercanda, Adimas suka niruin gayanya Ayu pas lagi masuk kelas. Cara niruinnya itu lucu, bikin orang yang ngeliat pasti ketawa.
Nadhia, gue sekelas sama dia selama 3 tahun. Selain manis, Nadhia juga baik. Kalo ada acara foto-foto kelas, dengan senang hati dia bawa kamera SLR-nya. Nadhia pernah ditembak sama salah satu penghuni disco loh!
Mitha, cewe berkacamata ini adalah penggemar Arsenal, klub sepakbola yang ada di Inggris itu. Kalo cewe-cewe lain nggak suka bola, Mitha malah suka bola (sepakbola maksudnya). Cewe manis ini sering ngomongin bola sama anak-anak cowo disco.
Rena, dia chairmate-nya Mitha. Cewe manis ini kadang bawel, lucu, tapi juga baik.
Intan, cewe manis yang satu ini kalo diliat dari luar, kayaknya cuek sama pelajaran. Tapi dia lumayan rajin nyatet juga. Intan ini suka iseng ngejahilin temen-temennya sendiri.
Novia, dia chairmate-nya Intan. Novi ini orangnya baik dan kadang bawel (apalagi kalo udah nagihin uang buat bayar ini dan itu *maklum aja, namanya juga bendahara).
Kalo masalah keuangan kelas terutama uang kas, urusannya sama Esa, sang bendahara kelas. Oiya, kalo inget Esa gue jadi inget Tito. Kenapa? Soalnya Esa pernah digosipin suka sama Tito dan sebaliknya. Esa sering banget dicengin sama temen semejanya sendiri, Adimas.
Adimas, cowo yang satu ini beda banget sama cowo-cowo yang lain. Kalo biasanya cowo suka ngobrolin bola dan ngumpul-ngumpul sama cowo-cowo yang lain, Dimas malah lebih prefer untuk ngobrol sama Esa, Nadhia, dkk. Gue pernah denger obrolan Dimas dan Esa. Esa nanya gini “Dimas, kok rambut lo lebih halus dari gue sih?” trus dengan santai Adimas jawab “Ya iyalah, gue..” (ckck, dimas..dimas). Adimas itu orangnya baik, lucu, dan bisa bikin suasana kelas jadi rame.
Selanjutnya ada Indri, Upi, Widhi dan Diana.
Indri adalah cewe paling anteng di kelas. Dia jarang banget jalan-jalan/mondar-mandir ke bangku orang lain. Kalo Indri keluar dari mejanya, biasanya cuma untuk kerja kelompok, ke kamar mandi, ke kantin, ke kantor guru atau pulang. Tapi Indri ini diam-diam menghanyutkan seperti air tenang yang diam-diam bisa sampai di laut. Kalo orang lain semangat untuk maju ngejawab soal di papan tulis, Indri malah sebaliknya. Bukan karena dia nggak bisa ngerjain soalnya, tapi dia ngasih kesempatan buat orang lain untuk dapet poin duluan. Kalo temen-temennya udah ngedorong dia buat maju, dia baru mau maju. Baik hati banget kan dia??
Upi (Lutfi), dia chairmate-nya Indri. Cewe manis dan baik hati ini adalah mantan ketua PMR SMA 4.
Acil (Widhi), cewe mungil ini adalah K-Popers sejati. Dia suka nge-download video penyanyi dan artis korea gitu. Oiya, walaupun badannya mungil tapi dia punya toa yang cukup gede, kecil-kecil cabe rawit gitu lah.
Diana (Eits, dia bukan nama perusahaan roti itu loh, tapi ini Dianawani), chairmate-nya Widhi ini orangnya baik dan lumayan suka sama lagu-lagu korea (ketularan Widhi kali ya??)
Hmm, udah cukup banyak ya penghuni disco yang gue tulis. Eitss, tapi tunggu dulu, masih ada segerombol cowo-cowo disco. Mereka adalah Nanda, Nicky, Helmi dan Lucky. Kita mulai lagi yuk...
Padang (Nanda), cowo yang satu ini suka futsal dan sepakbola. Dari penampilan luarnya dia keliatan cuek dan slenge’an, tapi kalo urusan pelajaran, dia cukup rajin loh. Kalo ada soal yang nggak dia ngerti, Padang nggak sungkan buat nanyain itu ke gue, Indri, temen yang lain ataupun ke gurunya langsung. Kadang gue suka takjub ngeliatnya kalo dia bener-bener pengen berusaha dan punya semangat buat belajar.
Nicky (Bukan Nicky Astria loh, tapi Nicky Apriela), cowo berkacamata ini adalah chairmate-nya Padang. Nicky ini orangnya kadang ngeselin, tapi kadang juga baik.
Helmi,dia adalah koordinator Butan (Buku Tahunan) disco. Waktu awal persiapan foto Butan, Helmi sering marah-marah. Setiap dia ngomong di depan kelas tentang tema, konsep dan uang butan, anak-anak ipa 1 malah asik sama urusan mereka masing-masing. Ada yang ngobrol, bercanda dan orang yang lagi ngomong di depan kelas itu kayak nggak dianggep. Gimana nggak marah coba kalo anak ipa 1 nya kayak gitu ?!
And this is the last..
Dialah Lucky, kadang dia dipanggil Untung sama anak ipa 1. (Kenapa? Tau kan arti kata Lucky itu apa??) Lucky ini anaknya agak pemales. Rumahnya itu nggak terlalu jauh dari sekolah (jauhan rumah gue malah), tapi dia sering telat dateng ke sekolah. Menurut gue dia cowo yang cukup berani karena dia pernah nembak cewe di dalem kelas. Tau kan siapa orangnya??
Hufft.. cape banget rasanya nulis 48 karakter penghuni-penghuni disco yang berbeda satu sama lainnya. Ternyata, banyak selebritis ya di Disco Darurat. Ada Jupe, Saiful Jamil, Asmirandah, Syahrini, dll. Hebat kan?!
Oiya, maaf banget nih kalo ada kata-kata gue yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan. Maaf juga kalo penilaian yang gue tulis di atas tadi ada yang salah. Gue kan juga manusia yang tak luput dari kesalahan, hehe..
 Kayaknya cukup sekian dulu nih catatan part III nya, tunggu part selanjutnya ya ^^

No comments:

Back
to top