Saturday, May 12, 2012

Catatan Akhir Sekolah part II


Nggak terasa udah setahun lamanya sekolah di SMA 4, sekarang gue udah kelas XI. Waktu itu pembagian kelasnya ditempel di papan pengumuman deket kantor guru. Awalnya, gue nyari nama gue di daftar nama kelas XI ipa 1, ngga tau kenapa pas gue liat namanya Anggi di kelas itu, gue langsung pindah nyari nama gue di daftar nama kelas XI ipa 2. Ternyata di XI ipa 2, nama gue ngga ada. Gue lanjut ke daftar nama XI ipa 3, ternyata ngga ada juga. Begitu juga di daftar nama kelas XI ipa 4 dan XI ipa 5, nama gue ngga ada juga!! Waktu itu gue bingung banget, masa nama gue ngga ada di daftar nama anak ipa?! Apa gue masuk ke kelas ips ya?? Akhirnya gue nyari ulang nama gue di daftar nama XI ipa 1, eh ternyata pas gue liat ke bawah, di nomor absen 31 ada nama gue. Akhirnya ketemu juga J, bikin cape aja nyari nama sampe ke daftar nama kelas XI ipa 5, mana desak-desakan lagi.. (bodohnya gue -__-).
Gue kira kelas XI ipa 1 dipindah kelasnya, ngga di pojok lagi gitu. Eh ternyata teteeeepp aja di pojok. Dapet yang pojok lagi, pojok lagi -,- Tapi, ada sih sedikit keuntungan punya kelas di XI ipa 1. Keuntungannya, bisa deket kalo beli nasi uduk (tapi kan gue ngga suka nasi uduk L, lagipula sekarang tembok di samping ipa 1 udah dikasih tralis). Keuntungan yang lain, sekarang ipa 1 deket sama kamar mandi baru yang ada di atas (tapi itu artinya, alasan ke kamar mandi udah ngga bisa dipake lagi kalo gue mau ke kantin pas lagi pelajaran guru. Hhe ;)) . Keuntungan yang lain yaitu bisa lama-lama kalo ganti baju buat olahraga dengan alasan nggak denger kalo ibunya udah niup peluit karena kelasnya di pojok. Keuntungannya apa lagi ya ?? Oiya, berhubung kelas XI ipa 1 kelasnya di pojok, jadi kalo kita lagi tampil drama, jarang yang liat deh (itu keuntungan ato kerugian yah??). Kerugiannya,, beuh banyak banget!! Kalo lagi mau upacara, kita pasti kena omelan dan selalu dipanggilin sama ketua osis dari depan ruang wakasek. Ipa 1 juga jauh dari kantin, dari masjid, dari perpus, dan dari kelas-kelas yang lain. Jadi, kalo kita ngga jalan-jalan ke kelas lain, bakal ketinggalan berita deh. Tapi di balik semua itu, gue berusaha buat nikmatin semuanya dan kebersamaan di XI ipa 1.
Kelas XI ipa 1 punya nama loh!! Namanya SOL SEPATU. Bukan karena suara anak-anaknya yang kaya tukang sol sepatu, tapi SOL SEPATU itu singkatan dari SOLidaritas SEbelas iPA saTU (maaf ya tulisannya gede kecil kaya alay, tapi anak XI ipa 1 emang alay-alay. Hehe piess ^^).
 
Di kelas XI ini, gurunya killer-killer tapi juga asik-asik. Di kelas XI ini, kita makin disibukkan dengan berbagai tugas – tugas dari guru (especially for chemistry) dan les yang semakin banyak (untungnya gue cuma ikut les fisika ;)). Guru-guru kita juga hebat-hebat.. Ada yang bisa bikin gue & sebagian temen” gue lari marathon setiap hari sabtu cuma untuk rebutan tempat duduk. Hhe..
Guru kimia juga gitu, selalu bisa mengingatkan pelajaran kimia dimanapun kita berada. Bahkan di saat libur yang cukup panjang [libur UN (10 hari)], dia udah berhasil bikin kita mikirin pelajaran kimia di sepanjang libur itu. Yap, masih inget kan kalo kita dikasih TAS Kimia yang bikin pusing?? (ngga bikin pusing juga sih, soalnya gue ngerjain tugas itu cuma 2 hari. Hhe J). Di sepanjang libur itu, pasti di facebook dan twitter statusnya tentang kimiaaa teruss. Oiya, guru kimia itu juga yang bisa ngebuat gue tau cara bikin selai strawberry (masih inget tugas koloid itu?? Hhehe J).
Gue juga masih inget ada guru yang bilang kalo angkatan kita itu rajin-rajin (terutama rajin nulis) dan akhlaknya bagus *_* . Masih inget ngga siapa gurunya??
Di kelas XI ini adalah saat-saat yang tepat untuk aktualisasi diri. Kita bisa eksis dengan ikut berbagai kompetisi yang sesuai dengan kemampuan kita. Di kelas XI  juga, event-event di sekolah terasa lebih seru karena yang buat angkatan kita juga.
Masih inget ngga betapa sibuknya kita saat mau eksparasi?? Waktu mau eksparasi kita selalu ngomongin mau nampilin apa, ada yang usul buat nampilin perkusi lah, drama parodi, dll, tapi tetep aja omongan-omongan itu belum ada hasilnya (alias bingung). Akhirnya seminggu sebelum eksparasi, kita bisa membuat keputusan dan  memilih untuk nampilin drama parodi. Seminggu sebelum eksparasi juga, naskah drama sol sepatu baru bener2 jadi. Sebelum eksparasi, banyak banget konflik yang terjadi di antara anak2 sol sepatu. Ada yang nggak bisa terus2an latihan karena nggak dibolehin ma ortunya (wajar sih, soalnya seminggu sebelum eksparasi kita selalu pulang malem. Gimana nggak dimarahin coba??), ada yang sibuk ngurusin bandnya buat tampil di eksparasi, sehari sebelum eksparasi ada  yang pingsan, dan banyak juga yang kebawa emosi gara2 eksparasi ini. Tapi, kita semua (sol sepatu) udah berkorban banyak buat eksparasi. Ada yang ngebela2in nggak les buat latihan eksparasi dan banyak banget yang harus ngerelain waktunya buat latihan eksparasi. Tapi latihan eksparasi di sol sepatu itu cukup menyenangkan, kalo kita udah mulai bosen latihan, kita main layangan di tempat kosong di belakang kelas ipa 2 dan ipa 3. Mkkb bgt yah?? Tapi ngga papa lah, melepas kepenatan sejenak..
Oia, waktu mau eksparasi kelas kita itu udah kaya tempat barang rongsokan, banyak kardus dimana-mana. Setiap ada guru yang masuk ke kelas pasti nanya kardus2 itu buat apa, ya kita jawab aja buat eksparasi. Dan kardus2 itu adalah properti yang paling susah & paling lama dibuat. Harusnya kita ngumpulin cd dubbing dramanya hari rabu, tapi hari rabu itu anak2 sol sepatu malah baru mau dubbing. Tempat ngisi suaranya juga lumayan jauh, awalnya kita mau dubbing cuma 2 jam, tapi akhirnya malah jadi 4 jam, mana pulangnya sampe jam setengah 9 malem. Ckck..
Hari Kamis tgl 2 Juni adalah hari libur, tapi anak2 sol sepatu masih harus dateng ke sekolah untuk latihan eksparasi. Tapi berhubung hari itu hari libur, makin banyak aja yg ngga dateng buat latihan,( termasuk gue, hehe..piess ^^ gue udah bayar dendanya kok). Hari Jum’atnya adalah gladi bersih untuk eksparasi, tapi hari itu juga ipa 1 baru pertama kalinya latihan drama pake dubbing, sebelumnya sih cuma latihan baca script doang. Ckck,, parah ya?! Trus jam 5 sore kita udah diusir sama anak osis untuk nggak latihan di kelas lagi, makin bencana aja ya?! Tapi karena tekad kita yang kuat dan....kepepet juga sih, kita akhirnya tetep terus latihan dirumahnya Elta. Kita latihan di rumahnya Elta cuma sampe jam 8 karena takutnya pada kecapean pas hari H eksparasinya.
Hari eksparasi pun tiba, kita murid SMA 4 diwajibkan untuk make baju batik di acara eksparasi itu. Pas gue sampe sekolah, bener-bener kayak lagi kondangan! Kelas ipa 1 tampilnya terakhir, jadi kita masih bisa latihan. Tapiii, bukannya latihan, kita malah asyik tidur, makan & ngebenerin properti buat eksparasi. Pas udah siang, kita baru mulai untuk latihan dan siap-siap untuk tampil. Dan sekitar jam 4 sore kita udah bawa semua properti ke kelas bawah. Akhirnya IT’S SHOW TIME !!! Awalnya penampilan ipa 1 bermasalah di audio, suara kasetnya kecil banget. Tapi kita semua tetep semangat buat nampilin yang terbaik. Sumpah ya, waktu itu gue grogi banget!! Semuanya berjalan cukup lancar, tapi di akhir penampilan ada kejadian lucu. Si Adit sempet kepleset kena air dan TV-TV an  gede yg buat properti jatuh. Banyak hal yang nggak terduga terjadi di penampilan ipa 1 itu. Abis tampil, kita semua langsung balik ke kelas ipa 1. Sekitar jam setengah 6 (bener nggak ya? Gue agak lupa) diumumin juara-juara lomba di acara eksparasi itu. Dan,, jeng jeng jeng... Ternyata pengorbanan ipa 1 nggak sia-sia!! Kita dapet juara favorit di penampilan kelas, perwakilan ipa 1 juga dapet juara 1 di lomba poster, Dean yang jadi perwakilan kelas di lomba GBB (Gebyar Busana Batik) juga dapet juara 3. Selain itu, GAPAY band (band yg personilnya Gabriel, Adit, Panji, Alex dan Yosua) dapet juara favorit di festival band eksparasi. CONGRATULATIONS ya buat kalian semua =D

Inilah foto-foto kebersamaan kita di SOL SEPATU

0 komentar:

 
CATATAN KECIL Blogger Template by Ipietoon Blogger Template