Saturday, October 1, 2016

Ransel & Koper Goes to Malang (3)

Halo readers!! Maafin gue yang udah hiatus lama karena sibuk dengan dunia perskripsian. Malem ini gue mau lanjutin cerita liburan singkat gue di Malang tahun lalu. Cerita sebelumnya ada part 2 dan part 1.
Jadi, di tanggal 21-22 Agustus, gue dan Tyas ikut open trip ke Bromo dari Backpacker Borneo Tour. Open trip itu semacam ikut travel perjalanan tapi digabung sama rombongan lain gitu. Kenapa kami pilih ikut open trip? Soalnya kami cuma berdua, cewe semua dan belum pernah ke bromo sama sekali. Sebelumnya kami pernah terbersit niatan buat ngeteng ke bromo, tapi lagi-lagi karena belum pengalaman dan nggak tau gimana medan dan keadaan disana, dan mungkin ngga aman juga kalo 2 orang cewe tanpa rombongan pergi ke bromo, akhirnya kami memutuskan untuk ikut open trip meskipun biayanya lebih mahal daripada ngeteng atau naik kendaraan sendiri ke bromo.
Nah, meeting point dari open trip itu di depan balaikota Malang jam 23.00. Di part sebelumnya gue udah ceritain kan tuh gimana rasanya 2 orang cewe kelayapan di tengah malem. Fix itu part yang bikin parno *padahal ngga ada apa-apa*, yaa gimana ya.. ngga pernah kelayapan sampe tengah malem gitu, di kota orang lagi!
Setelah keliling-keliling nggak jelas sekitaran balaikota malang, akhirnya kami liat 2 orang cewe yang lagi duduk-duduk deket balaikota. Tyas langsung ngajak gue buat kesana, berharap 2 cewe itu juga termasuk rombongan open trip. Dan ternyata benar, mereka berdua ikut rombongan open trip juga. Kami kenalan, ini lah yang gue suka dari open trip, bisa ketemu temen baru. Namanya Novi dan Ma’in, Novi anak STAN dan Ma’in anak universitas brawijaya. Mereka dulu temen kuliah di UB, tapi sekarang Novi pindah ke STAN. Setelah duduk-duduk sebentar, akhirnya ada mas-mas yang nyamperin kami. Tenang-tenang.. mas-mas ini nggak jahat, ternyata mas ini adalah koordinator dari open trip bromo ini, namanya Mas Ibas. Kami disuruh nunggu dulu selagi mas ibas nyari orang yang ikut open trip malem itu. Akhirnya setelah kumpul semua, kami dibawa naik angkot menuju ke kantor Backpacker Borneo. Kami dibawa kesana untuk nunggu rombongan-rombongan lain dan briefing.
Di kantor itu, kami dikenalin lagi sama crew open trip malem itu. Namanya mas Feri, katanya sih doi bertugas sebagai sweeper untuk open trip hari itu. Setelah dibagi rombongan, lanjutlah kami naik jeep sesuai dengan rombongan masing2, nah gatau kenapa disini gue dan tyas serombongan jeep sama Novi dan Ma’in, temen kenalan di balaikota itu. Awalnya 1 jeep itu diisi sama 6 orang + 1 supir, tapi Mas Feri nanya kira-kira masih muat nggak kalo ditambah 1 orang lagi, karena gue, tyas, novi, dan ma’in punya postur tubuh yang yaaa bisa dibilang kecil, kami bilang bisa kalo tambah orang di belakang. Kirain sih yang naik jeep bareng kami itu cewek, eh ternyata yang naik mas Feri, seneng sih *loh loh..

Kami berangkat ke Bromo sekitar jam 12 malem. Awalnya sih jalannya biasa aja, tapi lama-lama beuh.. naik turun jalanan yang lumayan sempit, ngga enak lah tracknya. Apalagi gue duduk di belakang deket pintu jeep, kalo lagi nanjak, pintu jeep belakang itu bunyi-bunyi kayak mau kebuka gitu. Dan jadilah gue ngga bisa tidur nyenyak karena pintu jeep yang bikin parno itu. Sekitar jam 3 atau setengah 4 pagi kami sampai di penanjakan buat ngeliat sunrise. Dari parkiran jeep ke penanjakan untuk liat sunrise itu masih perlu jalan kaki dan agak sedikit nanjak gitu. Mas ibas ngasihtau spot yang bagus buat liat sunrise dan waktu itu masih sepi banget, jadilah gue dan tyas bisa nemu spot buat ngeliat sunrise dengan baik tanpa kehalangan orang. Kami lumayan lama nunggu disana, mana udaranya dingin banget ditambah sama angin gunungnya yang semilir bikin pengen pup, tapi karena ini pengalaman pertama, gue bela-belain deh kedinginan begitu. Sekitar jam setengah 6 sampai jam 6 mataharinya mulai muncul, masya Allah... indah banget kuasa Tuhan -maklum anak kota yang biasanya cuma liat gedung-gedung tinggi dan pabrik sekarang bisa liat gunung dan sunrise- Setelah bersenang-senang dengan foto sunrise dan foto dengan background gunung Bromo (meskipun belum puas), kami pun segera menuju jeep untuk bersiap ke destinasi berikutnya.

Abaikan wajah pucat dan kurang tidur itu
 Dari penanjakan, kami menuju ke padang savana. Ini hasil foto-fotonya..

Lihatlah betapa bahagianya kami, dengan wajah polos tanpa make-up ditambah mata panda karena 2 malam tidak merasakan hangatnya kasur.
Destinasi selanjutnya adalah pasir berbisik. Kenapa dinamai pasir berbisik? Karena tempat ini pernah dijadikan lokasi shooting film pasir berbisik dan kalo anginnya lagi berhembus kencang suara gesekan pasirnya itu mirip kaya suara orang yang bisik-bisik, kata mas ibas sih gitu hehe..
Ini foto di pasir berbisik..

I love that sky~

Dan destinasi terakhir yaitu Kawah Bromo!!
Dari pasir berbisik sebenernya udah keliatan dimana puncak kawah bromo, tapi keliatan aja belum cukup -kalo kata Ariana Grande mah, almost is never enough-. Kami masih harus naik jeep untuk bisa kesana. Setelah jeep diparkir, kami pun mulai bersiap untuk naik ke kawah bromo. Bau belerang di kawah bromo sangat amat menyengat, jadi kami disaranin untuk pake masker dan ngebasahin maskernya dengan sedikit air. Dari parkiran jeep untuk sampai di kawah bromo, kami masih harus jalan kaki dengan track lurus & rata, jalan menanjak berpasir dan masih  harus melalui ratusan anak tangga, inget RATUSAN!!
Gue, Tyas, Ma’in, Novi dan mas Feri naik ke kawahnya bareng, karena kami 1 jeep. Sebenernya ada dua sejoli yang sedang di mabuk asmara di jeep kami, tapi mereka ke toilet dulu dan nyuruh kami untuk naik duluan. Yowes, akhirnya kami naik duluan. Dari parkiran jeep sih tracknya masih lurus dan datar gitu, cuma berpasir dan rintangannya adalah harus menghindari ranjau tai kuda yang bertebaran tak berpola dimana-mana. Perjalanan itu masih asik, kami jalan beriringan sambil ngobrol, bercanda dan mulai sesumbar menganggap naik ke kawah itu gampang. “Bisa lah ya naik ke atas, masa gitu aja ngga kuat. Anggep aja lagi bolak balik naik tangga di matek”, gue beranggapan kaya gitu. Pas mulai nanjak, gue tarik napas dalem dalem, nengok ke atas bentar dan mikir “Ternyata tinggi juga ya..”. Pas nanjak itu tracknya masih berpasir dan jalannya udah ngga semulus tadi ditambah lagi dengan adanya ranjau tai kuda yang makin banyak. 1/3 tanjakan pertama dilalui dengan mulus. 1/3 tanjakan berikutnya, kaki mulai capek. Di 1/3 tanjakan terakhir udah berasa banget capeknya, sebentar – sebentar gue berhenti, yang tadinya gue di depan mimpin rombongan kecil kami, akhirnya gue disalip sama Tyas lalu Mas Feri pfft -.- Setelah melalui rintangan tadi, Mas Feri mengingatkan kalo masih ada tantangan lagi yaitu ratusan anak tangga. Ya, untuk bisa sampai ke puncak kawah kami masih harus menaiki ratusan anak tangga *gue lupa tepatnya berapa ratus* Ternyata orang-orang bener, buat sampe puncak butuh perjuangan yang cukup berat.
Singkat cerita, akhirnya gue, Tyas dan Mas Feri sampai di kawah. Bau belerangnya nyengat banget! Mas Feri nggak kuat sama baunya, nggak sampe 5 menit di atas, doi udah ke bawah duluan. Nggak lama setelah Mas Feri turun, gue dan Tyas nyusul ke bawah juga. Setelah menuruni anak tangga, kami ketemu lagi sama Ma'in dan Novi (seinget gue Ma'in dan Novi nggak ikut naik sampai puncak kawah). Lalu kami yang cewek-cewek ini ditawari naik kuda sama bapak-bapak penyewa kuda, tawar menawar pun terjadi dan akhirnya kami dapet harga yang cocok, 30 ribu untuk bisa sampai ke parkiran jeep. Lumayan murah dan sebenernya kami nggak terlalu ngotot nawar karena emang dikasih murah ya syukur, nggak naik kuda juga gapapa, nothing to lose~

Mukanya ngga keliatan :( Tapi gapapa, yang penting naik kuda waks :D
Akhir cerita, kami kembali ke jeep lalu sekitar jam 1 siang kami sampai di stasiun Malang.
Yeaay ^.^ sebuah trip Bromo yang menyenangkan bersama teman lama dan teman baru :D